======= Logo_BP ======

BERITA PEMILU 2009

Sabtu, 27 Desember 2008

Januari-Februari Kalteng Bakal Banjir

Sumber: www.banjarmasinpost.co.id

PALANGKA RAYA - Masyarakat Kalteng, khususnya yang tinggal di dataran rendah diingatkan untuk tetap mewaspadai banjir. Pasalnya curah hujan di Kalteng terus meningkat dan merata hampir di seluruh daerah Kalteng.



Kewaspadaan sangat perlu mengingat 14 kabupaten/kota di Kalteng umumnya memiliki daerah-daerah yang menjadi langganan banjir. Meski merupakan hal biasa, namun banjir tetap saja menjadi ancaman karena tiap tahun cenderung makin parah.

Yanto, warga Kelurahan Berengbengkel Kecamatan Sebangau mengakui daerahnya bahkan bisa terendam banjir dua kali dalam setahun akibat meluapnya anak sungai Kahayan di kawasan itu. Namun warga setempat tidak mengungsi karena air yang masuk ke dalam rumah biasanya tidak terlalu tinggi.

"Banjir terakhir awal 2008 memang lebih dalam dari tahun lalu. Meski banjir itu sudah biasa, tapi kami pasti tetap waspada karena banjir biasanya cepat naik karena daerah kami di pinggir sungai," katanya, Jumat(26/12).

Kepala Stasiun Meteorologi Tjilik Riwut Palangkaraya, Imam Mashudi mengatakan curah hujan akan semakin tinggi diperkirakan pada Januari hingga awal Februari nanti. Artinya, daerah dataran rendah sepanjang aliran sungai sangat rawan banjir.

"Masyarakat di kawasan Barito seperti Muarateweh, Buntok dan sekitarnya di sepanjang daerah aliran sungai (DAS) harus waspada. Begitu juga daerah lain seperti Kotim dan Katingan. Desember ini saja curah hujan di atas 200 milimeter atau sudah di atas normal," katanya.

Imam mengatakan kawasan Barito paling sering diterjang banjir karena berbagai faktor. Selain alur sungai yang mulai dangkal, rusaknya hutan di kawasan hulu yang dulunya berfungsi sebagai daerah serapan air membuat banjir tiap tahun cenderung makin parah.

banner_unlimited