======= Logo_BP ======

BERITA PEMILU 2009

Sabtu, 27 Desember 2008

Persiapan Pemilu 2009, Polda Kalteng Siapkan 4.130 Personil

Sumber: www.banjarmasinpost.co.id


PALANGKA RAYA - Polda Kalimantan Tengah mengerahkan sebanyak 4.130 personil atau sepertiga kekuatan kepolisian setempat untuk mengamankan jalannya pelaksanaan Pemilu Legislatif yang akan digelar April 2009 mendatang.


Kapolda Kalteng, Brigjen Pol Syamsuridzal, Sabtu, menegaskan kerawanan yang mungkin saja terjadi menjelang pelaksanaan pemilu tersebut terutama aksi unjuk rasa serta aaksi terorisme. "Ancaman terorisme tetap kami waspadai menjelang pelaksanaan pemilu mendatang," ujarnya.

Menurut dia, menghadapi pemilu 2009 tersebut, pihaknya telah melaksanakan beberapa persiapan diantaranya melaksanakan rapat koordinasi dengan satuan jajaran tentang persiapan pengamanan pemilu tersebut.

"Kami telah mendata jumlah TPS, serta Linmas, dan jumlah anggota yang akan dilibatkan untuk pengamanan tersebut, termasuk telah menggelar latihan untuk persiapan menjelang pelaksanaan pemilu tersebut," ujarnya.

Bukan hanya itu kata dia, pihaknya pada Januari 2009 mendatang juga akan melakukan perjanjian kerjasama dengan parpol peserta pemilu legislatif untuk bekerjasama dalam menjaga situasi kondusif selama pelaksanaan pemilu.

Menurut Kapolda, operasi pengamanan pemilu 2009 dengan sandi operasi Mantab Brata 2009, segera dilaksanakan dengan tujuan agar kegiatan setiap tahapan pemilu dapat berjalan dengan aman, tertib dan lancar serta dapat memberikan rasa aman untuk penyelenggara dan masyarakat serta peserta pemilu tersebut.

Kepala Biro Operasi Polda Kalteng, Kombes Joni Tangkudung, menambahkan, meski pasukan Polda setempat sebagian besar akan dikerahkan untuk pengamanan pelaksanaan Pemilu Legislatif April 2009 mendatang.

Namun pihaknya tetap akan menggecarkan operasi penertiban pembalakan liar di wilayah tersebut dengan menggelar operasi kepolisian mandiri yakni dengan mengelar operasi Wanalaga oleh Polda Kalteng pada tahun yang sama 2009 mendatang.

"Kami menjamin pengerahan pasukan pengamananan untuk dua operasi yakni operasi Wanalaga dan Pengamanan Pemilu Legislatif tahun 2009 tetap akan berjalan lancar dan tidak akan stagnasi akibat pada tahun yang sama digelar dua kali operasi sekaligus yang memerlukan banyak pasukan," ujarnya.

banner_unlimited