======= Logo_BP ======

BERITA PEMILU 2009

Senin, 22 Desember 2008

Gubernur Kalsel Turunkan Tim Pembangunan Perusahaan Baja

Banjarmasin - Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) Rudy Ariffin, menurunkan tim yang diketuai oleh Biro umum Pemprov Kalsel untuk memantau percepatan pembangunan perusahaan peleburan baja PT.Krakatau Steel di Kabupaten Tanah Bumbu.



"Saya telah menurunkan tim untuk langsung memantau perkembangan perusahaan peleburan baja, dan laporannya kini telah dilakukan pematangan lahan seluas 30 hekter dari yang seharusnya 200 hektar," kata Gubernur Rudy Ariffin ditemui usai acara peringatan hari lingkunan, Senin.

Gubernur mengatakan telah mengirim surat kepada PT.Meratus Jaya Iron & Steel untuk segera memulai pekerjaan di lahan yang telah disiapkan.

"Saya sudah menulis surat kepada PT Meratus Jaya, agar segera memulai pekerjaan, sedangkan pemerintah daerah akan mempersiapkan Peraturan daerahnya (Perda) tentang penyertaan modal," katanya.

Dengan adanya perda tersebut, Pemprov Kalsel akan memiliki dasar yang kuat untuk ikut menanamkan saham dan menjadi salah satu pemilik dari perusahaan yang cukup besar tersebut.

"Kita tidak ingin terus menjadi penonton, seperti sektor pertambangan batu bara yang terus dikeruk, sementara kita tidak mendapatkan apa-apa, karena tidak memiliki dasar dan kewenangan yang kuat," katanya.

Agar hal tersebut tidak terulang, akhirnya disepakati Pemprov masuk dalam penyertaan modal, dengan dasar hukum peraturan daerah yang kini sedang dalam pembahasan.

Dalam Perda tersebut, tambahnya, hanya akan dicantumkan bahwa Pemprov Kalsel telah melakukan penyertaan modal berupa lahan seluas 200 hektar, tanpa harus merinci masalah harga NJOP ataupun lainnya.

Tentang harga tanah, tambahnya, akan dilakukan penghitungan melalui tim independen, untuk mengetahui berapa nilai penyertaan modal Pemprov Kalsel.

"Yang pasti kita tidak akan melepas lahan, tanpa ada aturan jelas, sehingga tidak akan terjadi kesalahan di kemudian hari," tegasnya.

Selain mempercepat pembangunan perusahaan patungan antara PT.Krakatau Steel dan Aneka Tambang, Gubernur juga akan mempercepat pengajuan Perda ke DPRD.

"Besok, Selasa (23/12) Perda diajukan untuk dilakukan pembahasan, saya harap DPRD juga bisa memahami masalah ini, sehingga Januari, Perda telah selesai dibahas dan diketok," katanya.

Menanggapi pernyataan Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar, yang menawarkan lahan gratis bagi pendirian perusahaan baja PT.Meratus Jaya Iron, Rudy menyatakan sangat mendukung, karena itu akan menguntungkan perusahaan.

"Kalau Tanbu ingin memberikan tanah secara gratis, kita dukung, kami iklas saja. Silahkan PT.Meratus memilih mana yang paling menguntungkan," katanya.

Tapi, tambahnya, kalau tetap ingin mamakai lahan Pemprov ya harus melalui penyertaan modal, sehingga nantinya daerah juga bisa mendapatkan keuntungan dari pendirian perusahaan tersebut.

"Kita kan tidak ingin selamanya hanya bisa menjadi penonton, tapi juga harus ikut menjadi pemaian," demikian Rudy Ariffin.

Sumber: www.beritadaerah.com

banner_unlimited