======= Logo_BP ======

BERITA PEMILU 2009

Senin, 05 Januari 2009

Harga Bensin Turun, Palangkaraya Deflasi

Sumber: Kompas.com

PALANGKARAYA— Turunnya harga bensin mengakibatkan terjadinya deflasi sebesar -0,61 persen di Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah, pada bulan Desember 2008. Komoditas lain yang turun harganya sehingga memberi andil deflasi di kota tersebut adalah sayur mayur. Demikian Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Tengah, Dantes Simbolon, di Palangkaraya, Senin (5/1).


"Sementara itu di Sampit pada bulan Desember mengalami inflasi sebesar 0,20 persen," kata Dantes.

Andil inflasi tertinggi di Kota Sampit diakibatkan naiknya harga ikan bakar, emas perhiasan, kue basah, nasi, dan cabai rawit.

Dantes menuturkan, dari delapan kota Indeks Harga Konsumen di Kalimantan yang menghitung inflasi pada bulan Desember 2008, secara berurutan inflasi terjadi di Kota Tarakan 1,68 persen, Singkawang 0,67 persen, Pontianak 0,33 persen, Samarinda dan Sampit 0,20 persen, Banjarmasin -0,03 persen, Balikpapan -0,41 persen, dan Palangkaraya -0,61 persen.

Inflasi di Kota Tarakan, Kalimantan Timur, ini merupakan yang tertinggi di antara 66 kota di Indonesia yang menghitung inflasi untuk bulan Desember. Inflasi terendah terjadi di Kota Probolinggo dan Ternate, yakni 0,02 persen. Deflasi tertinggi di Kota Ambon, yakni -1,84 persen. Adapun deflasi terendah di Kota Banjarmasin, yaitu -0,03 persen.

(Kompas Online)

banner_unlimited